Kamis, 26 November 2015

Cara Memasang RAM ke Dalam CPU

        Dalam komputer terdapat bagian - bagian penting seperti motherboard, harddisk, prosessor, RAM, dll. Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan sebagian kecil tentang RAM.
      Seperti yang telah kita ketahui RAM adalah tempat penyimpan semetara dalam komputer. Baiklah langsung saja saya akan menjelaskan beberapa langkah yang kita lakukan untuk memasang RAM ke dalam CPU.



         Hal pertama yang kita lakukan adalah melepas kabel atau mematikan power suply dengan menekan switch yang ada dibelakang power suply.
           Lalu lepas casing CPU dengan melepas kedua buah baut yang terletak di bagian belakang samping kanan CPU.
       
      Kemudian temukanlah soket RAM yang ingin kita pasang. perhatikan pada kedua sisinya apakah pengunci sudah terbuka atau belum. Jika belum maka buka dengan cara mendorongnya ke arah luar dari soket RAM.
          Setelah soket sudah siap maka siapkan RAM yang akan kita pasang dan pastikan kaki RAM sama dengan soketnya. Apabila tidak sama maka jangan di pasang karena akan mengakibatkan kerusakan pada CPU dan RAM dan sa'at POST ( power on self test) akan ada bunyi beep panjang yang menandakan RAM tidak berfungsi. perhatikan juga posisi kaki RAM dengan kakinya apakah sudah pas atau belum. Setelah dirasa pas maka tekan RAM sampai pengunci benar - benar mengunci RAm sehingga tidak mudah lepas
          Nah setelah RAM sudah nempel sama soketnya selesailah pemasangan RAM. tapi jangan lupa pasang kembali penutup cassingnya.
         Teman - teman juga dapat meninjau kembali tentang cara pemasangan RAM di HowStuffWorks. Di dalam website tersebut di jelaskan lebih kompleks mengenai RAM. Pada website tersebut terbagi menjadi beberapa halaman yang masing-masing halam membahas hal yang berbeda tentang RAM mulai dari jenis-jenis RAM, ukuran RAM dari yang terkecil sampai yang terbesar, di dalamnya juga terdapat komponen-komponen RAM dan cara kerjanya. serta masih banyak lagi hal-hal yang berkaitan dengan RAM didalam website tersebut.
Baiklah mungkin cuma ini yang dapat saya share ke teman-teman dan berharap postingan ini dapat bermanfa'at bagi pembacanya....Amiiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar